Book Review: Traveling Book (Part 1)

Hi semua!


Sesuai dengan judul tulisan saya kali ini, saya ingin membuat book review. sebenarnya agak ragu untuk saya menulis book review ini. kenapa? sebab hasil review adalah hasil penilaian objektif saya sendiri, dan tentu berbeda dengan pembaca yang lain. Ada tulisan atau kisah yang menurut saya menarik, tapi belum tentu yang lainnya tidak sependapat, dan sebaliknya.

tapi... berhubung saya berniat untuk meningkatkan kualitas menulis saya dan ingin kembali aktif di blog ini, maka saya beranikan diri untuk membuat book review. selain itu juga saya senang akan genre yang satu ini dan sebagian koleksi yang saya miliki adalah genre traveling ini.

saya yakin, banyak dari kalian yang juga senang dengan genre seperti ini. sebab tidak hanya memberikan kisah yang diceritakan didalamnya melainkan juga penggambaran setiap sudut kota yang membuat kita semua membayangkan sedang berada disana juga!

kembali lagi ke traveling book genre. seperti yang saya sebutkan diatas, belakangan marak penulis yang menelurkan buku traveling, yang menyelipkan kisah didalamnya baik fiksi maupun non-fiksi. seorang penulis novel bergenre traveling pun menuliskan kisahnya tidak main-main. mereka pasti sudah riset, biasanya berdasarkan pengalaman pribadi mereka pada saat berkunjung ke suatu tempat. namun tidak sedikitnya diantara penulis tersebut yang belum pernah menginjakkan tempat tersebut. tentunya bagi mereka yang sebelumnya belum pernah ke tempat tersebut tidak mudah menggambarkan situasi bahkan sudut-kota tanpa research sedalam mungkin. karena mereka memiliki 2 tugas, menyampaikan kisah mereka dan memberikan informasi mengenai tempat latar belakang kisahnya tersebut.

saya memiliki beberapa novel bergenre travel pilihan yang akan saya ulas dalam tulisan ini. agar lebih enak dan tidak terlalu panjang dibaca, saya bagi menjadi 2 ya postingannya. keep on reading!



1. Arigatou Nippon: sebuah cerita tentang Jepang - Vivi Silvia C

Novel ini adalah novel bergenre travel yang saya miliki dan baca pertama kali, yang berhasil membius saya ingin mencari novel bergenre travel lainnya, tapi pada saat itu masih sangat jarang penulis yang mengisahkan genre traveling seperti ini.



berbeda dengan sebagian besar movel bergenre travel yang kebanyakan kini yang berlatar belakang negara-negara benua Eropa, novel ini menceritakan kisah berada di suatu negara, dari judulnya sudah ketahuan kan negara mana? yes! Jepang.

bagi yang suka dengan kisah kolosal Jepang tentu tidak akan sulit menemukan buku bergenre klasik dan legenda tersebut di toko buku. dari tahun ke tahun kisah legenda tidak akan berubah tapi untuk bergenre traveling yang berlokasi di Jepang tentunya masih sangat jarang ditemui. Negara bunga Sakura ini merupakan negara maju dan pastinya mereka melakukan perubahan besar-besaran bagi kemajuan negaranya, baik itu kemajuan pendidikan, pelestarian kebudayaan, kemajuan teknologi, hingga pariwisata. saat ini pasti beberapa lokasi yang dikisahkan dalam novel ini pada kondisi nyata sudah mengalami perubahan dan kemajuan pesat. barangkali sudah ada objek wisata baru.

kisahnya mengenai kisah para beberapa turis dari Indonesia yang tergabung dalam open trip menuju Jepang yang diadakan oleh biro perjalanan. karena ini adalah open trip tentunya banyak diantara mereka yang tidak saling kenal pada saat itu. karakter turis Indonesia yang berbeda-beda dikisahkan secara apik didalam novel ini, sangat menghibur; saya tertawa-tawa sendiri saking asyiknya membaca. sampai pengalaman para rombongan turis terpencar-pencar. tidak lupa diselipkan bumbu romansa yang nantinya akan berkhir adanya cinta-lokasi diantara turis-turis Indonesia tersebut. saya merasa menjadi bagian dari mereka, rombongan turis asal Indonesia tersebut dan Mbak Vivi sebagai tour guide kami, para pembaca.

informasi yang disampaikan juga cukup lengkap, diikuti penjelasan mengenai kebudayaan yang ada di Jepang beserta kemajuan teknologi yang terjadi di negara Sakura tersebut. kisah perjalanan berada di negara asal sushi tersebut cukup buat saya baper dan pingin banget berkunjung kesana juga. segala keunikan yang ada di Jepang ditampilkan secara cukup apik di novel ini.

semoga suatu hari Saya dapat pula merangkai kisah berkunjung ke Jepang dan membagiakan kepada kalian semua lewat blog ini :)

apabila bukunya masih tersedia, it should be one of your 'must-have' list! entertaining!

2. Ciao Italia! Catatan Petualangan Empat Musim - Gama Harjono

Kalau dibaca dari judulnya sudah bisa ditebak bahwa buku ini menceritakan petualangan penulis, Gama Harjono, ketika berada di negeri asal Pizza tersebut, yaitu Italia.

kondisi buku milik saya yang sudah mengenaskan, lembaran yang lepas dari perekat buku. tapi Alhamdulillah tidak ada yg hilang lembarannya


saya sendiri membeli buku ini karena... dulu saya bercita-cita ingin bisa berkunjung ke Italia. kenapa Italia? okay, Italia terkenal dengan kedai-kedai kopi yang luar biasa enak. disana bisa ditemukan dengan mudah racikan kopi-kopi yang dibuat oleh barista di sepanjang jalan. pokoknya bicara soal kopi tidak akan luput dari Italia. wah, surganya para pecandu kafein sejati, deh! saya sendiri pun penyuka kopi, kopi tubruk asli Indonesia tepatnya, hehe! buku ini cukup menjelaskan mengenai sejarah kopi di Italia. dijamin, untuk pecinta kopi begitu membaca buku ini akan memasukkan Italia dalam bucket list demi icip-icip kopi.

hal menarik di Italia pastinya adalah kuliner. Buku ini juga menjelaskan tentang kuliner Italia yang menggugah selera. siapa yang tidak pernah icip pasta atau pizza? saya juga cukup menelan ludah sekaligus membayangkan mencicipi masakan Italia saat bagian kuliner.

begitupun tempat wisata dan kebudayaan yang ada di Italia. selama berada di negeri asal Valentino Rossi itu, penulis menyaksikan dan menikmati kebudayaan dan berkunjung ke seluruh penjuru negeri. terbayang saat melewati rumah-rumah kayu yang sangat klasik, bunga-bunga cantik tumbuh bebas di sepanjang jalan, menikmati perjalanan di sudut kota yang amat romantis, serta melewati bukit-bukit suasana pedesaan di Tuscany, ah.. sejenak lupa dengan hiruk pikuknya Jakarta! ibukota Italia, Roma, juga kota mode. banyak desainer ternama dunia berasal dari negara ini. maka mata akan dimanjakan dengan kemolekan dan keanggunan warga kota yang mengenakan pakaian yang sangat modis.



tidak hanya itu, karena Penulis menetap di Italia untuk melanjutkan pendidikan, maka di buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana Penulis menjalani hidup bak mahasiswa Indonesia di Italia. mulai dari tips mengatur biaya hidup, toleransi budaya, hingga merasakan juga kesulitan dalam berbahasa. tips tersebut berguna bagi yang ingin melanjutkan studi di Italia maupun yang ingin berlibur a la backpacker.

saya kurang tahu apakah buku ini masih di terbitkan dan terjual di toko buku. apabila ya, buku ini menjadi salah satu yang saya rekomendasikan untuk dibaca. kekurangannya cuma satu menurut saya, kurang dibuat per-bab atau per-chapter. saya pribadi tipe yang suka membaca buku per-bab atau per-chapter. kalau ingin jeda sebelum melanjutkan membaca, kita bisa berhenti di akhir chapter atau bab tersebut. dengan dibuat per-bab atau chapter ulasan per bab menjadi lebih spesifik, untuk bab berikutnya terdapat ulasan yang lain lagi.

3. Negeri van Oranje - Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, Rizki Pandu Permana

Untuk buku yang satu ini saya yakin kalian juga tidak terasa asing mendengarnya. sebab, buku ini sudah berhasil diangkat ke versi layar lebarnya. dengan mengadaptasi cerita dari novel ini, diharapkan para penikmat film bisa langsung menyaksikan kisah 5 sekawan yang berjuang di negeri kincir angin Belanda dalam menempuh pendidikan master nya sekaligus memanjakan mata dengan disuguhkan pemandangan negeri kincir angin tersebut.



memang sih, selain buku ini ada beberapa buku yang bergenre travel dan latar belakang tempat diluar negeri yang saya baca menceritakan kisah tokoh dalam novel tersebut yang berhasil menempuh pendidikan di negeri seberang. hal ini sungguh disambut positif oleh para pembaca, termasuk saya, sebab kisah nya menginspirasi para pembaca untuk juga ingin seperti tokoh yang ada di novel tersebut. menempuh dan mendapatkan pendidikan di luar negeri dengan beasiswa tentu bukan hal mudah, maka perjalanan para tokoh diceritakan melalui novel ini.

4 penulis menceritakan 5 sekawan yang berbeda latar belakang. 4 pria dan 1 wanita terlibat dalam skenario yang tanpa diduga, ditengah kerasnya hantaman badai, dinginnya cuaca di Belanda, dan kerinduan akan tanah air telah mempertemukan mereka dan menjadikan mereka sahabat, bahkan seperti saudara. namun ternyata ada untold story diantara mereka berlima.


menurut saya, novel ini cukup memberikan informasi seputar bagaimana cara hidup di Belanda sebagai mahasiswa yang memang harus hidup serba pas-pasan. dan yang paling penting, latar belakang mereka yang membuat mereka harus menempuh pendidikan S2 di Belanda ini, yang diyakini mampu membius banyak pembaca untuk terus giat memperoleh beasiswa di luar negeri. termasuk saya.

untuk penceritaan sudut kota, karena 5 mahasiwa studi di 5 kota berbeda di Belanda, maka setiap sudut kota nya diceritakan dengan gaya khas tokoh masing-masing. jadi, akan ada pembahasan tentang 5 kota berbeda, 5 tempat istimewa pula, dan terdapat 5 universitas berbeda yang disebutkan dalam novel ini. kelima universitas tersebut mewakili 5 keahlian atau bidang studi yang diambil oleh tokoh-tokohnya. hmm.. bisa menjadi referensi dalam memilih fakultas dan universitas juga,ya. patut juga dibaca oleh para backpacker yang ingin holiday in budget di Belanda.


4. The Journeys (Vol 1): Kisah Perjalanan Para Pencerita - Adhitya Mulya, Alexander Thian, Windy Ariestanty, Okke Sepatumerah, Raditya Dika, Trinity, Wina Efendi, Valiant Budi, Ve Handojo, Ferdiriva Hamzah, Gama Harjono



Total kontributor novel ini 12 penulis! sebagian teman-teman pembaca saya yakin banyak yang tidak asing dengan novel bergenre travel ini, yes: The Journeys!




pastinya juga kalian tidak asing dengan nama-nama penulis diatas, kan?

12 orang kontributor/penulis yang menuliskan pengalaman berkesan mereka saat traveling. tidak hanya berlatar belakang negara Eropa, kalian juga akan menemukan kisah mereka ketika travel keliling Indonesia.
tentunya 12 penulis dengan gaya penulisan yang berbeda akan menghibur kalian disaat senggang. ragam kisah ditawarkan, mulai dari kisah lucu, sedih, tegang, hingga mengharukan dikemas dalam novel ini.
tidak hanya kisah, beberapa penulis juga menghadirkan tips traveling, sejarah, hingga penjelasan geografis suatu negara. menarik yah? menghibur dan dapat ilmu juga hehehe!

karena kisah didalam novel ini merupakan kisah nyata, para pembaca seperti diajak mendengarkan 'obrolan' mereka tentang pengalaman mereka selama traveling. tentunya, buku ini saya rekomendasikan karena akan membuka wawasan kalian tentang traveling juga. yang saya sukai adalah ada beberapa dari penulis yang menggambarkan pesona Indonesia diantara gemerlapnya negara benua Eropa dan keunikan Afrika.



selain The Journeys vol 1, tersedia juga The Journeys vol. 2 dan vol. 3 dengan penulis kontributor yang berbeda juga

baiklah, untuk book review part 1 kali ini cukup empat buku dulu. Inshaa Allah akan dilanjutkan pada book review travel genre part 2 pada tulisan berikutnya. Semoga review diatas bisa membantu kalian dalam mencari referensi buku bertema traveling.

sangat welcome bagi teman-teman yang ingin memberi referensi juga lewat comment box di bawah :)

happy reading!

cheers,
Fany

Comments

tadhgtada said…
casino-and-casino-help.com
How to sign 공주 출장샵 up? — 부산광역 출장마사지 What is the casino and how to deposit money into your account? What is a 남원 출장안마 free play casino? How can I use PayPal to withdraw 전주 출장마사지 from 문경 출장마사지 the casino?

Popular posts from this blog

[K-Drama review] One Spring Night (2019) : A heartwarming yet simply-realistic

'Coco' Film Review: Sebuah Petualangan Memperjuangkan Hidup, Cita-Cita, dan Keluarga

Pertama Kalinya! | My First MUN Experience