from A to Z,went to BTA,bye SNMPTN and SIMAK UI. HAHA (part 3)

hei semua! maaf banget gue gak nepatin janji buat nerusin lanjutan blog yang part 2 kemarin. selain lupa,sedang tidak ada mood untuk blogging hehe. kali ini gw tepati kok. maaf yaa :( sampai mana ya kita kemarin? ooh hasil SNMPTN yah? hmm.. jadi begini loh..
setelah SNMPTN selesai,gue gak langsung masuk ke BTA lagi untuk mengikuti intensif selanjutnya,yaitu SIMAK UI dan UM UNDIP. tapi dikasih waktu seminggu untuk refreshing. begitulah kata kak husnul,staf BTA. selain itu staf dan pengajar BTA juga harus bersiap untuk new term di BTA. sekalian libur juga katanya. libur dari riuh sorak sorai curhat curhatan cuap cuap anak kelas 3 dan (ehem) alumni hehehe. karena terbiasa lama di BTA (iyalah,tiap hari masuknya bok)gue jadi ngerasa bosan banget dirumah. i mestinya gw manfaatin untuk persiapan SIMAK UI yah,tapi bolehlah dalam 7 hari liburan itu,3 harinya untuk berleha-leha :D namanya juga refreshing. nyokap juga bosen liat gue meluk buku tiap malem dikamar. asli,kayak ansos gue dirumah selama intensif berlangsung -___-

seminggu berlalu,kita masuk BTA lagi dengan kelas yang baru,susunan murid yang baru,teman baru.gurunya masih yg lama. alamak. haha. gue harus sekelas campur dengan murid kelas 3 reguler. agak kecewa juga dengan susunan baru ini. pisah sama teman-teman seperjuangan di kelas alumni,kelas cresscendo dan delta siang :( kebetulan gue masuk kelas kappa pagi. sebelahan sama kelas delta. kelasnya lebih gede dari kelas delta. feeling gue sih pastinya muridnya lebih banyak dari kelas delta. ternyata BENAR. tambah banyak dari yang semestinya malah. banyak hasil pidahan dari kelas IPA,dari kelas IPS lain juga. weleh. alamak. alhasil,gue mau nanya-nanya juga susah. berisik banget,asli. -___- bukannya gue gamau beradaptasi yah,satu hal yang bikin gue bete sekelas sama mereka: menggosip terus!! yang cewek ceweknya terutama. (Maaf ya teman-teman bta lain kalo baca ini,cuma disini gue bisa curhat hahaha). sebenernya ada untungnya juga gue bisa sekelas sama mereka. gue jadi terpacu untuk lebih baik lagi. gue (akhirnya) punya temen anak reguler juga loh. namanya sebut aja Nadia. dia pindahan dari IPA. pindah ke IPS membawa 1 misi: MASUK PSIKOLOGI UI. (haha banyak juga yg murtad dari IPA ke IPS kayak gue *bangga*)

okelah. mantap Nad! selama gue sekelas sama dia,gue merhatiin cara dia belajar di BTA. ngakunya sih dia kesulitan mengikuti pelajaran IPS,tapi berkat bekal itung-itungan dari IPA nya dia bisa menguasai akuntansi dan matematika IPS. dari situ gue tau kelebihan anak IPA ada dimana. gue juga lulusan IPA,tapi kenapa 70% dari gue banyak di IPS nya? kemana 30% IPA nya? ngendap di otak bos! tapi sekeras apapun gue berusaha melarutkan ilmu IPA gue demi matematika,tetep aja,ketika TO gue cuma bisa mengerjakan 3 soal matematika dasar dan 0 untuk akuntansi. mari bersulang.

minggu pertama intensif SIMAK UI gue udah uring-uringan soal jurusan. gue bingung. gue pusing. peserta dipersilahkan memilih 7 JURUSAN UNTUK SIMAK UI. gilak. ngisi apaan aja gue 7 pilihan gitu? gue cuma bawa 1 misi masuk IPS: KOMUNIKASI UI. itu tok. nyokap udah berbusa mulutnya nyuruh gue untuk segera daftar,entry data,dan pilih jurusannya. padahal batas akhir pendaftaran masih 3 minggu lagi loh. tapi itulah nyokap. apa aja harus SEGERA. padahal,untuk memilih jurusan itu gak bisa main main loh kawan. kecuali kalo lo cuma mau 1 biji. yaudah lo yakin aja ama 1 biji pilihan lo itu. baca bismillah. semoga lolos. tapi kalo gue nggak. karena kurang PEDE,terus diliat dari kesempatan yang ada,gue harus mengisi tujuh tujuhnya. tujuh pilihannya. begitu kata bokap dan nyokap gue. tapi ini 7 pilihan loh. gak bisa pake itung kancing ato di undi yg mana aja. yang bener aja!

sampe akhirnya gue mampir ke BTA 50 khusus untuk nemuin kak Husnul,kalo gak dapet wejangan dari dia soal jurusan dan masa depan kurang nampol rasanya hahaha. tapi sebelumnya gue harus bikin dulu jurusan apa aja yang gue mau. oh iya,persyaratan pilihan SIMAK UI itu ketujuhnya harus dari prodi yang berbeda. gini misalnya (maksimal) 3 dari program studi kelas reguler,3 program studi non reguler (paralel),3 dari program studi vokasi,dan 1 dari kelas paralel. karena gue pilih 7 dari 8 pilihan (maap,sebenernya boleh 8 pilihan sih hehe) susunan gue jadinya 2 prodi reguler,3 prodi paralel,dan 2 prodi vokasi. setelah gue tentukan jurusan mana aja yang gue mau,sekarang tentuin urutannya. urutan pilihan itu juga berpengaruh loh. jurusan pertama yang lo pilih menjadi jurusan prioritas (cita-cita lo). biasanya rank nya (skornya lebih tinggi dan favorit di PTN tersebut). ini dia list gue:


itu hasil diskusi bareng nyokap,kakak gue,dan kak husnul. tidak lupa juga minta petunjuk ke Allah lewat solat istikharah. :D
setelah daftar SIMAK UI,gue langsung daftar UM UNDIP. buat UNDIP ini gue gak pusing pusing lagi mikrin jurusan. cuma dikasih kesempatan 2 pilihan jurusan soalnya. buat pilihan pertama gue ambil ILMU KOMUNIKASI,pilihan keduanya ILMU HUKUM. setelah gue curi-dengar dari teman-teman lain,mereka banyak banget yang milih jurusan keduanya. HAAAAHHHHH. lagi lagi saya salah strategi sodara-sodara. keduanya favorit ternyata. ah sebodo amat lah. udah gue bayar,udah gue taken. tinggal ujian. Allah yang nentuin :D

minggu terakhir di BTA,terasa sedih banget. besoknya tanggal 30 juni pengumuman SNMPTN, tanggal 2 dan 3 Julinya ujian UNDIP dan UI. tanggal 30 dan 1 bener-bener gue manfaatin tuh dua hari terakhir di BTA. selain kumpul-kumpul terakhir sama teman-teman, sama kakak kakak staff,binglas,dan pengajarnya juga. aaaah sedih banget. gue ga boong. gue gak lebay kali ini. sejak di BTA gue banyak belajar hal hal yang baru. ketemu teman-teman baru yang seperjuangan dengan sama sama membawa 1 misi: masuk PTN dengan jurusan favoritnya.

tanggal 29 pun tiba. pengumuman dipercepat sehari jadi tanggal 29 dari 30 -__- waktu yang ditunggu-tunggu datang juga. hasil SNMPTN booookkk!!! malamnya ketika gue buka websitenya buat akses hasil SNMPTN,rasa deg degan luar biasa kayak taun sbelumnya kembali datang. hey tolong deh,ini udah taun kedua gue. harusnya gue bisa lebih relax. nyatanya,gue gelisah kayak orang kecacingan. didampingin nyokap buat buka hasil SNMPTN,sambil baca bismillah,gue cuma bisa baca disitu: MOHON MAAF NAMA ANDA TIDAK TERDAFATAR SEBAGAI CALOM MABA UNDIP/UNPAD 2011. haaaah gue cuma bisa mneghela nafas. sesekali buka twitter. aduh panas book,sekaligus senang juga. 2 diantara teman sekalas kami,Boris dan Kelvin lolos SNMPTN. masing masing keterima di UNDIP dan UI. wooow!! SELAMAT!! gue langsung ditelpon kak Sigit,pengajar matematika di BTA *dia perhatian banget sumpah hahaha* setelah gue ceritain semuanya ke kak Sigit,dia cuma bilang: oh gapapa.. semangat SIMAK UI ya fan!!
besoknya,tanggal 30,BTA sepi men!! hanya yang berjiwa besar dan pantang menyerahlah berani datang ke BTA mengikuti 2 hari tersisa demi UI dan UNDIP. okelah! lets fight till the end!God will leads! pas gue masuk kelas,kebetulan itu kelas sejarahnya Kak Dian, percaya ato gak,CUMA SAYA YANG BARU DATENG,PADAHAL UDAH JAM 7.15. molor 15 menit. okelah gue lirik kelas seberang,kelasnya si Vini & Jatnika,mereka datanga dan cuma bertiga. kelas mereka waktu itu katanya Bahasa Indonesia. gue ajak aja akhirnya mereka bertiga masuk kelas gue. kak Dian kebetulan gak keberatan. daripada cuma ngajarin gue doang? pas istirahat ternyata gak sesepi yang gue kira. lumayan juga yang dateng hari itu.ada yang sekedar main dan ketemu kakak2nya untuk ngucapin terima kasih,ada juga yang nita banget dateng buat ngajarn dan kasih semangat buat teman-teman. salut deh buat yang seperti itu.

hari demi hari kita benar-benar jalani sampai hari terakhir kelas intensif BTA 2011. hari terakhir waktu itu benar-benar sepi. padahal lusa kita ada ujian buat yang ikut UM UNDIP. hari terkahir dimana gue terakhir ketemu temen-temen seperjuangan gue. bakalan kangen berat,sumpah.

di hari terakhir juga gue pamitan sama kakak-kakak yang udah bantuin gue di BTA. peluk2an sama Ochan & kak Husnul. huweeee i miss you guysss :( gue akan selalu ingat pesan-pesannya kak husnul. :D kapan2 gue upload ya,kalo sempet guys,soalnya lagi sibuk kuliah nih :P

tanggal 2 Juli 2011, UM Mandiri UNDIP 2011 dimulai. gue ditempatkan di SMA 6 Jakarta. gak nyangka,bakalan sekelas sama junior gue di SMA. agak malu sih karena ketauan ikutan lagi,tapi yaudahlah ya,niat mau ujian ya PD aja :D soal-soal UM UNDIP bisa dibilang mirip banget sama soal UM UNDIP tahun lalu. jadi gue udah punya gambarannya. alhamdulillah banyak soal yang gue bisa. hasilnya bagaimana,ya lihat aja :D
hari berikutnya,tanggal 3 Juli 2011, SIMAK UI 2011 gue ditempatkan di SMA 44 Jakarta. sekolah gue itu men! hahaha. begitu masuk gerbang,disambut sama satpam sama caraka sekolah. mereka kaget loh! gue juga gak nyangka mereka masih inget gue,si langganan tukang telat di sekolah :P Gak nyangka juga bakalan di awasin sama Pak Sigid. ketika gue datang masuk ke kelas,sontak dia kaget ngelihat gue,gue cuma senyum aja. tanpa basa basi juga gue langsung duduk. ketika absensi,pengawas diharuskan menghampiri meja peserta. ketika di meja gue,pak Sigid nanya: kok fany bisa ikutan lagi? pertanyaan Pak Sigid itu bikin beberapa peserta lain menoleh ke gue. gue cuma senyum dan menjelaskan semuanya walau gak detail karena lagi ujian kan..... -____-" ketika ujian berakhir gue langsung turun ke bawah dan..ketemu semua guru-guru yang waktu itu ikut mengawas! wow! surprised banget mereka ketika liat gue. merasa bersyukur juga ketemu mereka,dapet doa dan dukungan soalnya :D

gak perlu berlama-lama nungguin hasil UM UNDIP & SIMAK UI. hasil UM UNDIP 2011 muncul di websitenya sekitar tanggal 16 Juli,hasilnya keluar dan.. saya lolos di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. kembali mengucek-ngucek mata karena gak percaya. kali ini bener-bener mendapatkan kata SELAMAT,bukan lagi MAAF. wow surprised banget,senang sekaligus haru walaupun masuk FH bukan fisip Komunikasinya. lega sudah mendapatkan satu PTN. tapi gue harus menunggu hasil SIMAK UI 2011 yang keluar tanggal 22 Juli. seperti biasa,hasilnya akan di tertulis di harian Kompas tanggal 22 Juli. tapi yang nongol disitu cuma nomor pesertanya aja. alhamdulilllah,saya lolos lagi. tapi deg degan lolosnya di jurusan dan fakultas apa. tepat jam 8 pagi,website UI sudah bisa diakses,dan hasilnya... VOKASI KOMUNIKASI-HUBUNGAN MASYARAKAT. vokasi means... D3. patut bersyukur juga,walau gak seheboh masuk UNDIP. karena gue gak berhasil mendapatkan target utamanya,S1 KOMUNIKASI UI. btw,bangga banget ketika banyak anak kelas IPS (crescendo BTA alumni 2011) yang dapet UI! gracia & boris di akun UI,even & adit di kriminologi,vinita di sastra perancis,Ali di administrasi fiskal,ojan di vokasi administrasi,sedangkan saya..di vokasi komunikasi-hubungan masyarakat alias PR. SELAMAT BUAT SEMUA TEMAN-TEMAN KELAS ALMUNI BTA YANG IPA MAUPUN IPS! keren semua deh! hehehe :D

mendapatkan 2 diantara terbaik itu tidak mudah loh. tugas gue berikutnya adalah menimbang-nimbang mana yang terbaik diantara keduanya. kalo gue sanggup,kalo gue bisa,kalo gue mampu,gue mau banget kuliah di keduanya. tapi masa iya,yang satu di Semarang,yang satu di Depok? mission impossible dong yang ada hahaha. uring-uringan banget gara-gara dua pilihan ini. keduanya sama-sama bagus,dua-duanya menjamin mudah dapat kerja karena keduanya merupakan jurusan umum dan favorit di seuruh univ negeri. bedanya ada di lokasi dan program studi yang ditawarkan.
setelah survey ke UI,solat istikharah,diskusi dengan ortu beserta sepupu,dan mencari info seputar UNDIP lewat teman-temen kakak sampe uring-uringan galau galau dikamar sampe nangis nangis karena bingung (halah) akhirnya.. diputuskan saya mengambil Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. menerima dengan segala konsekwensi yang ada. termasuk jauh dari orang tua,berani hidup mandiri,dan gak menyusahkan keluarga yang di Semarang. walau jujur,sampe detik ini gue homesick walau sudah sebulan lebih di Semarang. and now i'm here where i have to be.
intinya dari apa yang gue ceritakan sih cuma mau pesan buat teman-teman semua. asal ada tekad yang kuat dan kepercayaan insya Allah ada jalan. terserah orang-orang disekeliling lo mau berkata apa tentang tujuan lo. selagi itu positif (amat positif) dan lo yakin mampu menjalankannya,DO IT. tapi.. jangan lupa berdoa ya,gagal atau berhasil semuanya ada di tangan Tuhan. Dialah yang mengatur semuanya. keep your faith,guys! :D

xoxo,
fany

Comments

Popular posts from this blog

[K-Drama review] One Spring Night (2019) : A heartwarming yet simply-realistic

'Coco' Film Review: Sebuah Petualangan Memperjuangkan Hidup, Cita-Cita, dan Keluarga

Pertama Kalinya! | My First MUN Experience