aha! PNS dan kendaraan bermotor!

ada 2 hal yang mau gue bahas di blog. tau-tau di jalan gue mendapatkan idenya. yah itung-itung mengupdate blog yang udah lumayan lama gw tinggali..:) gooo ahead! :p

1. PNS
Buat mengisi waktu nganggur karena ga ada kegiatan (secara gue belom kuliah,gitu),gue ikut bimbel di BTA 45 Tebet. lumayan jauh lah dari rumah,sekalian jalan-jalan,ngisi waktu kosong,ya gapapa lah ngorbanin waktu dijalan yang penting ilmunya dapet,temen baru seperjuangan juga dapet :p. kira-kira udah 3 bulan gue mengikuti program alumni di BTA. tapi,apa hubungannya sam judul di atas? gini,pas pelajaran Bahasa Indonesia di BTA, kakak pengajarnya (aduh bahasanya ribet ya,'kakak pengajar') membahas soal-soal TO berisi tentang korupsi. dalam soal itu,pengajarnya bilang kalo wacana yg ada di soal di kutip dari koran-koran dalam rubrik politik. tiba-tiba dia membahas kinerja para PNS,polisi,dan TNI. sebelomnya,dia minta maaf terlebih dahulu kepada kami,siswa/i BTA,kali aja ortunya ada yg kerja jadi PNS dan TNI. menurut dia, kekayaan seorang PNS dan TNI itu perlu dipertanyakan. rasanya aneh aja kalo PNS dan TNI punya rumah besar,mobil mewah 2,dan segala embel-embelnya. kenapa? gaji PNS dan TNI per bulan tak cukup untuk membeli semua itu. nah,dari manakah uangnya? padahal kerjaannya di kantor sangat santai,suka datang terlambat,pas datang cuma buka Facebook,pulangnya pun lebih awal,tapi PNS dan TNI tetap menerima gaji. bahkan suka mendapat 'honor' lebih sehingga bisa membeli semua itu. gaji PNS dan TNI berasal dari uang rakyat,dan kinerjanya belum maksimal. namun,boleh lah PNS dan TNI memiliki mobil 2,rumah mewah,itu memang hal mereka. namun,darimanakah uangnya? lalu,tadi pagi di radio,penyiarnya tiba-tiba ngomong, 'ooh pegawai yang itu sih iya,makannya jam 11 siang,pulang jam 2 deh hehe'. ga lama,dia mendapat telepon dari listenernya ttg kinerja 'pegawai itu'. sumpah,dari pembicaraan yang ini mengena banget di gue. tau ga sih apa yang mereka maksud dengan 'pegawai itu?' gausah di sebut,pasti udah tau lah ya,selalu jadi bahan perbincangan. nyokap dan bokap gue adalah PNS. tapi,bokap udah pensiun 2 tahun yang lalu. sedangkan nyokap masih. nyokap kerja di suatu lembaga/instansi pemerintahan yang menangani kependudukan,dan keluarga berencana. belakangan ini memang,dia suka pulang telat,malahan pernah pulang sampai jam 2 malam, bahkan gue pernah ga ketemu dia seharian dari pagi sampe malem,dan besoknya gue ketemu nyokap pulang kantor dalam keadaan sakit karena seharian dia ga makan. kalau diperlukan nyokap bisa diminta
tetap masuk hari Sabtu dan Minggu. itu juga pulangnya kemarin ini jam 7 malam. memang sih,biasa aja gitu buat pegawai swasta,dan ga biasa buat yang PNS,yang KATANYA nih ya di kantor cuma Facebook-ing aja, suka terlambat,  kalo telat enaknya gaji ga di potong, pulang lebih awal pula. tapi,Alhamdulillah nih ya, ga semua PNS seperti itu. nyokap memang ya,sering terlambat. dia harus ngurusin mertuanya dulu,sampe sport jantung gw liat nyokap buru-buru karena udah ditelpon sama atasannya. nyokap pernah berencana pengen pindah kerja malah kalo bisa berenti sekalian karena ga sanggup,tapi karena dia ingat anak-anaknya harus tetap sekolah maka dia tetap kerja sebagai seorang PNS walau gajinya pas-pasan. karena pekerjaan nyokap inilah,yang bikin gue respect sama PNS. dulu gue sempet ngolok-ngolok PNS juga kok,bagaimana kinerjanya, dsb. sampe akhirnya gue ikut jemput nyokap ke kantor,dan diruangannya dia masih sibuk ngetik-ngetik,akhinrya dia bilang,'fany duluan aja ya,mama pulang malam lagi'. dari situ gue tau ternyata PNS kerjanya & tanggung jawabnya sangat berat. tapi gajinya minim. rumah yang gw tempati juga rumah dinasnya bokap. gue ga kaya,ga punya rumah malah. Alhamdulillah masih dikasih fasilitas. oia,jangan samakan DPR/MPR dengan PNS. karena mereka GA SAMA. PNS ya PNS,DPR/MPR ya wakil rakyat,tugasnya mereka menyampaikan aspirasi rakyat. walau gaji sama-sama dari rakyat. tapi tetep aja gedean DPR/MPR tuh GAJINYA. mamam tuh retribusi. menurut gue nih ya,gimanapun pekerjaan orang,hargain aja deh. serendah apapun itu. gimana kalo ortu lo,temen lo,tante lo ato siapapun sanak lo sebagai PNS diomongin seperti itu dimasyarakat,gimana tanggapan lo?

2. lewat mana?
perjalanan ke BTA sangaaaaat gue nikmatin. macet. jadi santapan pengguna jalan tiap harinya. yang naik motor kenyang makan angin,yang naik mobil pribadi kenyang makan freon AC,yang angkutan umum kenyang bau ketek karena berdesakan. menurut pemerintah,salah satu penyebab utama macet yaitu bertambahnya kendaraan bermotor baik mobil maupun motor. padahal sudah disediakan busway yang yah fasilitasnya lumayan,trus,bebas macet karena jalurnya khusus. lama-lama jalan raya di jakarta jadi tempat parkir nih :P yang mengkhawatirkan adalah pengendara motor. maaf banget ya guys,bukannya mau ngatain atau gimana,cuma mau ngeluarin pendapat dan unek-unek aja. skali lagi maaf buat para pengendara motor. tadi pagi,bokap nganterin gue ke BTA. jalanan di daerah kali malang lumayan lah,padat tapi tetap jalan. posisi bokap awalnya berada di sebelah kanan,tiba-tiba bergeser ke sebela kiri karena.... segerombol motor ada di lajur KANAN. padahal sesuai peraturan yg gue tau dari berita nih, motor berada di SEBELAH KIRI. kegiatan salip menyalip motor inilah yang membahayakan. kenapa? menurut pandangan gue nih ya, saat kondisi jalanan padat,kendaraan tetap jalan,namun motor tetap berusaha untuk nyalip. nah kalo pengendara mobilnya ga awas sama rem dan spionnya,apakah yang terjadi? tabrakan. terjadilah adu mulut saat itu juga,di jalan itu juga. nambah lagi kemacetan. bokap gue sendiri mobilnya pernah disermpet motor lebih dari 3 kali karena penyebab yang sama. posisi bokap lurus saat itu,dari sebelah kiri ada motor mau berusaha nyalip,TANPA kasih lampu sen. bokap langsung rem mendadak,nyenggol mobil deh. tapi kenapa bokap yang kena omel ya? bokap gue jelas-jelas udah rem kok buat dia,nah dianya aja yang nyalip & nyerempet mobil bokap gitu? pernah suatu hari,gue lewat casablanca menuju BTA Tebet. jalanan menuju fly over padat banget,merayap. begitu mau naik,sekitar 4 atau 5 motor jatuh berbarengan. saling tindih. 2 diantara mereka yang berhasil menghindar saling adu mulut,nambah lagi kemacetan. gue juga suka naik motor kok,sulu pas masih sekolah kalo telat,lebih suka naik ojeg motor karena cepat dan ehem,bisa nyalip. gue selalu bilang ke abangnya,boleh aja ngebut,tapi kalo kondisi jalanan ramai jangan NYALIP. bahaya.gw cuma bolehin ojegnya nyalip pas kalo kena traffic light sama mau belok aja. karena sejumlah kendaraan mobil pasti berenti saat itu. hmm oke,jalanan emang bukan milik nenek moyang gue. gue juga tau sesama warga Jakarta kita punya kesibukan dan kegiatan masing-masing yang menuntut kalian untuk bergerak serba cepat dan instan,tapi sebernya membahayakan. lo pada ga mau telat kan? gue dan yang lainnya juga ga mau telat kok. tapi bukan menyalip-nyalip ampe bergerombol gitu penyelesaiannya, yang ada lo ngebahayain pengendara lain,baik mobil maupun sesama motor,ataupun bisa aja pejalan kaki. solusinya,bisa berangkat lebih pagi. atau kalo ngantornya agak nyantai bisa agak siangan. kalo motor sebelah kiri,ya sebelah kiri, mobil sebelah kanan,kan jadi teratur? mungkin gue bisa ngomong kayak gini karena gue bukan pengendara,tapi cuma penumpang. gue gatau gimana rasanya capek berkendara,beratnya konsentrasi saat berkendara, dan mengarungi lalu lintas. tapi bolehkan gue mengemukakan demikian? bagaimana menurut kalian tentang hal ini? boleh dikemukakan lewat kolom komen kok. selalu diterima :)

sekali lagi maaf banget kalo ada yang tersinggung. negara ini demokratis kok,siapa aja boleh bersuara,asalkan mengikuti peraturan yang ada. oia,yang penting hindari penyinggungan SARAK! (suku,ras,adat,agama,dan antar kampung ;P-akronim ini dikutip dari novel Negeri Van Oranje) ngomong-ngomong postingan di atas berbau SARAK ga ya? hehe

oke,sekian dulu postingan kali ini,selamat menikmati. skali lagi jangan ada yang marah,(please) gue takut dilaporin kayak mbak Prita Mulyasari  hehe!

Peace! :)
xoxo,
Fany

Comments

INDAH said…
hay fan uhuuy panjang bener tapi nice post :)
mamaku juga PNS dan apa yang mamaku dapet yaa apa adanya yang emang haknya (ini yang aku liat).
mungkin emang ada segelintir PNS2 yang kaya gitu, waktu dulu pernah banget tuh di jhon pautau ngebahas soal kenakalan2 PNS sampe ke lapangan hahay, ya ini berkenaan masalah mental manusianya masing2 :p

tetep semangat ya BTA-nya semoga taun depan berhasil lolos ke PTN yang dipengenin ;)
fany said…
halo juga kak! hehe iya makasih loh,
sesi curhat gitu deh :p aku ngetiknya sesuai ama apa yg aku liat,dan apa yg aku tau slama ini. ttg bagaimana orang mnanggapinya,ya silahkan aja,yg ptg aku bs mgutarakan maksud aku gitu :P

sbenernya nulis bginian aku sambil pake emosi juga huehehehe :p

makasih komennya kak :)
fany said…
amien amien,mohon doanya hehe makasih kaaak :)

Popular posts from this blog

[K-Drama review] One Spring Night (2019) : A heartwarming yet simply-realistic

'Coco' Film Review: Sebuah Petualangan Memperjuangkan Hidup, Cita-Cita, dan Keluarga

Pertama Kalinya! | My First MUN Experience