UM,SNMPTN,PMDK dan lainnya

hai semua! lama udah ga ngeblog lagi..

belakangan ini lagi sibuk sama ujian-ujian masuk universitas & uas.
gw udah daftar test di beberapa universitas negeri yg nyediain Ujian Mandiri ato disebut juga UM.UM ini cuma di selenggarakan 1 universitas yg bersangkutan aja. beda sama UMB dan SNMPTN yg menyelenggarakan ujian masuk bagi mahasiswa baru dari berbagai universitas. jadi,kalo macem UMB sama SNMPTN ini si calon maba boleh milih universitas mana aja yg mereka tuju. tp apa bedanya UMB sama SNMPTN?

nih, UMB itu yg nyelenggarain cuma 12 universitas aja. yg mau tau univ mana aja,klik disini aja ya. sedangkan SNMPTN, dari universitas manaaaaa aja. ga terbatas kok. tp max cuma 3 pilihan PTN aja ya. perbandingan biaya SNMPTN,UMB,sama UM pun ga sama. kalo SNMPTN,cara seleksi maba yg 1 ini biaya operasionalnya (uang pangkal/masuk) lebih murah bahkan ada juga universitas yg membebaskan mahasiswanya dr biaya masuk. alias Rp. 0. pelaksanaannya juga setelah kelulusan kok. jd kalo mau belajar buat SNMPTN waktunya banyak lah..

kalo UMB (nah yg 1 ini gw gatau nih.. kurang lebih sama kaya SNMPTN kali ya..) beda lagi kalo UM. UM ini kan yg nyelenggarain masing2 universitas aja. kayak SIMAK UI,UTUL/UM UGM,SMUP,USM dll. biasanya kalo UM itu dilaksanainnya duluan. dan katanya sih.. ujiannya lebih gampang daripada SNMPTN (menurut gue, UM tetep aja susah!) biayanya pun beragam. dr yg murah ampe ratusan juta. bayangin,judulnya aja universitas negeri,tp ttep aja mahal,ya ga? seleksi UM itu juga ketat loh. yg ikutan ratusan bahkan jutaan calon maba di seluruh indo kali ya..

tp,yg gue masih bingung,kenapa ya UM itu biaya masuknya mahal? padahal sama2 tes juga kaya SNMPTN. temen2 gue aja yg ikut SIMAK UI,UGM,ITB dll bilang kalo UM itu susah. nah lho,kao gitu UM sama SNMPTN ga ada bedanya dong? mestinya UM mempermudah calon maba masuk univ tersebut,ya ga? bukannya mempersulit dg soal2 yg sulit hehehe.. PEACE!!

lain lagi sama PMDK. PMDK ini jalur penulusuran minat dan bakat. yg dapet jalur ini ga sembarang orang. syaratnya dia harus berprestasi sejak kelas 1 sma.. terang aja gw ga dapet. slalu ditolak. dr klas 1 ga ada yg membanggakan tuh dari rapor gue hahaha..

tp katanya ada juga PMDK jalur swadana. alias bakat dana. ya gitulah pokoknya. ngerti kan? kalo ikut jalur ini katanya si calon maba sudah pasti masuk. asalkan nego langsung sama si kampus tersebut. makin 'kenceng' sumbangannya,makin gampang dia keterima. yg gue ga habis pikir,judulnya aja PMDK,tp ada juga yg swadana nya. inimah yg berprestasi ortunya apa muridnya sih? gue prihatin dan kasian deh sama anak2 yg daftar PMDK tp dia ga keterima karena ga ikut program swadana. padahal dia memiliki potensi akademis yg luar biasa sejak di bangku SMA. yg UM pun juga katanya gitu. makin kenceng uang sumbangannya,makin besar juga peluang dia keterima. (ini baru denger2 aja ya. ada beberapa temen yg bercerita kaya gitu).

ada juga jenis UM yg ga susah,jd cuma beberapa mata pelajaran. jd pas tes ga ada yg namanya fisika,mat ipa,bio,kim dll. yg ada cuma psikotes,b.ing dan mat dasar aja. wah kalo kaya gini doang maah semua orang juga mauuu. apalgi kalo anak2 yg IQ nya tinggi,gunjreeeng!! lolos kali yak. tp... ada tapinya,sumbangan ke univ tersebut juga harus gede..

dr posting ini gue bukannya pengen ajak ribut. tp cuma sekedar ngasih opini gue aja ttg dunia pendidikan di indo. untuk masuk univ aja harus merelakan ratusan juta. yah,itulah orang tua. rea ngapain apa aja buat anaknya tersayang. universitas negeri harusnya memberikan fasilitas yg mudah bahkan murah buat calon2 mabanya. apalagi buat yg berprestasi. dengan begitu, di indo ga ada lagi tuh orang yg terhenti cuma sampe SMA. trus orang2 di indo bisa merasakan bagusnya universitas negeri di indo. semua pasti juga pengen sampe sarjana kan?ngerasain sekolah dibangku kuliah.. jadi berprestasi.. dapetin titel.. wuih! angan2 gue jauh bener hehehehee.. (belom lulus boo :PP)

well.. jangan ada yg ngamuk sama gue soal posting ini. peace..! (gue takut dilaporin kayak si Prita mulyasari ehhehehe)

ini cuma sekedar opini aja,siapapun bole ngluarin pendapat dan opini kan?

oia,selamat buat temen2 yang dapet USM ITB. smoga sukses setelah lulus jd sarjana nanti! amieen.. gue ikut seneng kalo ada yg lulus. (coba anak 44 juga ada.. wuih..)

tinggal UTUL UGM nih,gue ikutan soalnya. doain ya teman2,smoga saya bisa lolos masuk ke UGM.. amien...

sukses ya,buat semuanya! optimis optimis!

cheers,


Comments

Dilla said…
ya, sekarang emang univ negeri hampir gak ada bedanya sama univ swasta.
yah wajar sih karna katanya univ itu udah gak dapet 'jatah' lagi dari pemerintah jadi harus nyari sendiri.
dan ujung-ujungnya kalo begini camaba dan mahasiswanya sendiri yang susah ya..
tapi beasiswa sekarang udah lumayan banyak.
cuma aku sendiri juga ngarep semoga besok-besok univ di indonesia apalagi negeri makin adil ya.. :)

Popular posts from this blog

[K-Drama review] One Spring Night (2019) : A heartwarming yet simply-realistic

'Coco' Film Review: Sebuah Petualangan Memperjuangkan Hidup, Cita-Cita, dan Keluarga

Pertama Kalinya! | My First MUN Experience